Kamis, 01 November 2012

Desain Pemodelan Grafik

Apa itu Desain Permodelan Grafik? Mungkin banyak dari para pembaca yang belum tahu tentang Desain Pemodelan Grafik ini. 'Apa sih Pemodelan Grafik itu?', mungkin itu pertanyaan yang akan terlintas di pikiran pembaca. Kali ini saya akan membahas sedikit tentang apa itu Desain Pemodelan Grafik.
 
Desain Pemodelan Grafik adalah suatu proses pembuatan, manipulasi dan menyimpan suatu objek dengan menggunakan bantuan perangkat lunak (software) komputer. Jadi, dalam pengertian umumnya adalah sebuah proses pembuatan ataupun manipulasi sebuah objek tertentu dengan menggunakan sebuah software ataupun program. Misalnya saja kita ingin mengedit foto, kita bisa menggunakan program Adobe Photoshop, jika ingin mengedit video, kita bisa menggunakan Ulead Video Studio, dan juga yang lainnya.
 
Disamping itu, banyak pengertian yang berbeda-beda tentang Desain Pemodelan Grafik. Ada yang menyebutkan bahwa Desain Grafik adalah salah satu bentuk komunikasi visual, ada juga yang menyebutkan Desain Grafik merupakan karya kreatif dalam banyak media. Seperti misalnya komunikasi visual, dapat berupa pemilihan, kreasi, maupun penyusunan "sesuatu" pada suatu permukaan untuk mengkomunikasikan suatu pesan. Sedangkan dalam bentuk media, contohnya seperti media cetak, media digital, film, animasi, desain produk, dan tanda-tanda informasi.
 
Berikut adalah contoh software desain grafik yang banyak digunakan:
> AutoCAD
> Adobe After Effect
> Adobe Freehand
> Adobe Image Ready
> Adobe Premier
> Adobe Photoshop
> CorelDRAW
> Final Cut
> GIMP
> Google SketchUp
> Inkscape
> Macromedia Dreamweaver
> Microsoft FrontPage
> Notepad
> Ulead Video Studio

Sekian sedikit tulisan dari saya, semoga apa yang saya berikan bisa membantu pembaca untuk memahami tentang apa itu Desain Pemodelan Grafik. :-)

Referensi:

Tidak ada komentar: