Selasa, 19 Juni 2012

Pengukuran Kecepatan Sebuah Website

    Pernahkah dalam suatu waktu kita memperhatikan kecepatan loading sebuah website yang kita buka? Sudah pasti mungkin jarang dari kita yang memperhatikannya. Tetapi, ada saja beberapa tools yang mungkin bisa kita gunakan untuk mengukur kecepatan loading dari website yang kita buka tersebut. Diantaranya adalah Page Speed Online dan YSLOW. Berikut penjelasannya tentang keduanya.

    Page Speed Online adalah sebuah tools yang yang disediakan oleh Google, yang dapat digunakan untuk mengukur performance kecepatan halaman website yang kita miliki dengan score. Selain dengan memberikan score, tools ini juga memberi saran untuk mengoptimalkan web yang kita miliki. Sebelumnya Google hanya memberikan fitur ini dalam bentuk tool yang ada di browser Google Chrome. Untuk mencobanya, bisa langsung menuju ke site utamanya di http://pagespeed.googlelabs.com.


    YSlow adalah sebuah add-ons dari Firefox yang digunakan untuk menganalisis performance sebuah webpage dengan memeriksa semua komponen yang ada pada halaman web itu, termasuk komponen  dinamis yang menggunakan javascript. YSlow memberikan penilaian berupa tingkatan dari A, B, C, D atau E. Bila website yang dianalisis memiliki nilai D atau E, YSlow akan memberikan petunjuk mengenai apa saja yang harus dilakukan agar performance website kita lebih baik.


Referensi:
http://posnewblogger.blogspot.com/2011/07/google-page-speed-tingkatkan-performa.html/
http://eveloverails.wordpress.com/2009/09/13/mengecek-performance-webpage-menggunakan-yslow/ 

Tidak ada komentar: